Tuesday, October 21, 2008

WISATA ALAM DI PESISIR BARAT KALIMANTAN

WISATA-WISATA DI PESISIR BARAT KALIMANTAN
Mulai dari paloh sampai ketapang

Ini sajian khusus bagi anak mapala, sispala dan Penggiat alam terbuka untuk Mengexplorasi Pantan2 di Pesisir Barat Pulau Kalimantan


Pantai Polaria adalah salah satu objek wisata terletak di desa Sungai Rusa Kec. Selakau lebih kurang 64 km jauhnya dari ibukota Sambas, merupakan sebuah pantai dengan bebatuan dimana-mana dapt dicapai dengan sepeda motor.



Pantai Sinam
Salah satu tujuan wisata yang terletak dipinggir kota Pemangkat ± 47 km ibukota Kab. Sambas, ada café, restoran. Kita dapat menikmati matahari terbenam serta dapat dicapai dengan banyak jenis kendaraan.



Pantai Tanjung Batu
Adalah salah satu tujuan wisata di kec Pemangkat ± 47 km dari jantung ibukota kab. Sambas. Tempat yang indah nan sangat menarik untuk memancing, kita juga dapat menikmati matahari terbenam di waktu sore, di daerah ini tersedia Hotel, Restoran, café dll.



Pantai Bukit Raya Putri Serai
adalah salah satu daerah tujuan wisata yang terletak di Desa Jawai Laut, Kec Jawai lebih kurang 2 km dri ibukota Kecamatan. Ini adalah tempat yang unik , berbeda dengan pantai lain di Kab. Sambas karena mempunyai Legenda Putri Serai, dipinggir pantai adalah bebatuan.




Pantai Dungun Laut
adalah salah satu tujuan wisata terletak di desa Dungun Laut Kec. Jawai ± 35 km dari ibukoata Kab. Sambas pemadangan indah dan menarik dengan pasir putih dan bebatuan besar yang dapat dicapai dengan jalan kaki.



Pantai Selimpai
Adalah salah satu tujuan wisata terletak di desa Sebubus Kec. Paloh. Lebih kurang 7 km dari ibukota kecamatan, merupakan pantai yang indah dan menarik yang mempunyai pasir putih, kita juga dapat menikmati melihat matahari terbenam.



Pantai Camar Wulan
Adalah salah satu objek wisata yang terletak di desa Sebubus Kec. Paloh. Lebih kurang 60 km dari jantung ibu kota kab Sambas. Pantainya yang berpasir putih dan kuning dengan gelombang pantai yang lambat. Disekitar pantai banyak pohon cemara.


Pantai Tanjung Kemuning
adalah salah satu objek wisata yang terletak di kecamatan Paloh Pantai nya berhadapan dengan Laut Natuna. Banyak pemandangan indah dan menarik ditempat-tempat ini yang banyak dikunjungi khususnya pada hari libur.Pantai lokasi dapat dicapai dengan jalan kaki dan sepeda motor.


Tanjung Dato’
adalah sebuah tanjung dengan pantai yang terpanjang di Kalbar, terletak di Desa Tamajo Kec. Paloh lebih kurang 85 km jauhnya dari ibukota Kab. Sambas dapat dicapai dengan sepeda motor.





Danau Sebedang
Adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terletak didesa Sebedang ± 12 km dari jantung ibukota Kab Sambas. Danaunya yang lebar 1 km2 dan dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian ± 400 m diatas permukaan laut, mempunyai pemandangan alam yang menarik, merupakan salah satu tempat bersejarah bagi para sultan Sambas beristirahat.




Gua Alam Santok
Terletak ± 85 dari Kab. Sambas di Kecamatan Sajingan Besar terdapat Patung Bunda Maria yang dulunya digunakan untuk tempat meditasi dan sembahyang masih dianggap tempat yang sacral (suci) oleh masyarakat local disamping pemandangannya indah dan menarik.


Air Terjun Riam Caggat
adalah salah satu objek yang terletak di Desa Batang Air Kecamatan Sajingan Besar, lebih kurang 85 kilometer dari jantung Ibu Kota Kabupaten Sambas. Air terjun yang indah dan menarik ini mempunyai batu-batuan besar lebih kurang tinggi 67 meter.


WISATA DIATAS DIAMBIL DARI : CINTAKU
ADHIN REQUEST

“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.” (Soe Hok Gie)